HORAS

Tabe ma di hamu sude,...

Kamis, 22 April 2010

Teknologi Efek Animasi Film Star Wars

pedang

Sekarang ini banyak sekali film-film yang menggunakan efek-efek khusus. Contohnya, penggunaan pedang cahaya seperti dalam film Star Wars, Millenium Falcon, Yoda dan bahkan Chitty-Chitty Bang Bang. Pedang cahaya adalah efek khusus yang seolah-olah sangat nyata sehingga akan membuat penonton percaya jika pedang itu benar-benar ada. Teknik yang digunakan untuk membuat pedang cahaya dalam film Star Wars seperti pekerjaan yang terlihat sederhana, tetapi lamban pengerjaannya.

Dalam adegan film tersebut, aktor menggunakan pedang cahaya yang bergagang plastik dan batang pedang dari aluminium yang diberi warna merah, hijau atau biru. Aktor menggunakan pedang tiruan ini seolah-olah pedang cahaya yang sesungguhnya.

Setelah direkam, film dibawa ke pembuatan efek khusus. Pada film ini aktor ini berperang menggunakan pedang yang di cat bukan pedang bersinar. Ahli efek khusus mempunyai tugas untuk membuat pedang ber-cat terlihat nyata. Dia melihat film itu frame demi frame, kemudian memproyeksikan frame yang memuat pedang cahaya diatas sepotong plastik tembus cahaya yang disebut sel animasi. Ahli efek khusus menggambar kerangka setiap pedang cahaya pada frame tersebut di atas sel animasi. Susunan sel-sel ini jernih, kecuali bagian-bagian tertentu dimana pedang cahaya di perlihatkan.

Searang, sebuah film baru siap direkam. Pada film ini setiap sel animasi ditempatkan di atas latar belakang yang berwarna hitam, dan direkan dengan pemancar lampu di atas lensa. Pemancar memberi cahaya di sekeliling pedang cahaya tersebut. Jika kamu memutar film ini pada proyektor, kamu melihat pedang cahaya itu bergerak di atas latar belakang yang berwarna hitam. Sebelum film di cuci. Film yang telah dihasilkan tadi akan disatukan di atas film yang sama. Hasilnya akan sangat mengagumkan, pedang cahaya terlihat terang dan nyata.

Setelah proses diatas telah selesai, film dipindah ke dalam bentuk digital. Disini tugas menganimasikan pedang tersebut sedikit lebih mudah. Dalam dunia digital, setiap frame film di scan ke komputer dengan resolusi tingkat tinggi sehingga tiap frame dapat di manipulasi pada layar komputer. Kemudian, menggambar garis bentuk pedang, mewarnai garis bentuk pedang, mewarnai bagian tertentu, dan mengaburkan frame demi frame. Selain di kerjakan di atas sel plastik, pengerjaan pedang cahaya juga dapat di kerjakan pada sel-sel yang terpisah dalam memori komputer, kemudian digabungkan secara digital. Akan tetapi, walaupun terlihat sederhana, animator masih harus melihat frame demi frame dan menggambar kerangka pedang cahaya satu demi satu sehingga proses pengerjaannya memakan waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar